Tipe Electric Motor di Pabrik Sawit

Tipe Electric Motor di Pabrik Sawit

Tidak bisa dipungkiri bahwa sawit merupakan salah satu komoditi yang banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian di dalam negeri. Sehingga pengelolaan di pabrik sawit alangkah bagus jika dioptimalkan dengan baik. Dimana terdapat berbagai mesin yang digunakan di pabrik sawit, salah satunya peralatan electric motor. Berikut informasi lengkapnya untuk mengenalnya lebih jauh.

Mengenal Electric Motor di Pabrik Sawit

1. Tipe Electric Motor di Pabrik Sawit

Electric motor merupakan sebuah alat atau komponen yang berfungsi untuk menciptakan energi mekanik dari energi listrik. Yang mana energi mekanik tersebut memang banyak dimanfaatkan dalam dunia industri, termasuk di pabrik sawit. Perannya tidak lain adalah untuk menyalakan mesin dengan energi listrik.

Dan dalam praktiknya di dunia industri, electric motor sendiri mempunyai dua tipe yang umum digunakan. Adapun dua tipe electric motor yang biasa digunakan yaitu motor elektrik AC dan juga motor elektrik DC. Untuk motor AC, ada motor induksi dan motor sinkron. Sementara motor DC ada motor series, motor shunt, permanent magnet DC, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Motor Listrik di Pabrik Sawit

Sesuai dengan yang telah disinggung di awal, fungsi dari motor listrik atau electric motor pada pabrik sawit adalah mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Sehingga alat tersebut termasuk salah satu peralatan konversi energi di dunia industri. Dan cara kerjanya memanfaatkan sifat dari kedua kutub magnet, yaitu tarik menarik dan tolak menolak.

Motor listrik ini mempunyai karakteristik induktif, sebagai akibat dari penerapan kumparan yang ada di konstruksinya. Sehingga menghasilkan medan magnet yang dapat memutar motor. Dalam hal ini, efisiensi dari motor pun mempunyai nilai yang berbeda beda tergantung ukurannya, namun biasanya berkisar antara 75% sampai 95%.

3. Merek Electro Motor di Pabrik Kelapa Sawit

Electro motor listrik merupakan suku cadang untuk pabrik kelapa sawit maupun berbagai industri lainnya. Yang mana merek dari electro motor yang dikenal pula dengan istilah kuda kerja di industri ini cukup beragam. Seperti Franklin Electric, Toshiba, Rockwell Automation, Allied Motion Technologies, dan lain sebagainya.

4. Cara Kerja Motor Listrik di Pabrik Sawit

Meskipun terdapat banyak merek electro motor yang umum dipakai di pabrik sawit, namun kurang lebih cara kerja dari motor listrik ini tidak jauh berbeda. Caranya yaitu berasal dari arus listrik yang ada di dalam medan magnet. Lalu medan magnet tersebut nantinya akan menghasilkan gaya.

Apabila kabel yang membawa arus kemudian dibengkokkan ke dalam loop, maka kedua sisi loop akan berada di sudut dengan arah yang sama dari medan magnet. Alhasil gaya atau gerak yang berlawanan akan timbul di sini. Dan motor listrik umumnya memiliki loop pada dinamonya, sehingga dapat memberikan tenaga putar yang sama dengan medan magnet (dikenal juga dengan istilah kumparan magnet).

5. Desain Motor Listrik untuk Pabrik Kelapa Sawit

Motor listrik yang digunakan pada industri, termasuk pabrik sawit, umumnya didesain dengan menggunakan dua standar global yaitu NEMA dan IEC. Desain yang mengikuti standar tersebut dilakukan supaya semua ketentuan dan kebutuhan dari motor listrik dapat terakomodasi dengan baik.

Akan tetapi, setiap motor listrik sendiri mempunyai beberapa jenis berbeda dengan desain masing masing meskipun semuanya dirancang secara khusus agar dapat digunakan di bidang industri. Dalam memilihnya, maka pabrik harus menyesuaikan berbagai macam ukuran dan bentuk terhadap kebutuhan produksi di pabrik.

Demikian penjelasan mengenai electric motor yang perlu diketahui. Karena pemilihan motor listrik di pabrik sawit pun harus memperhatikan jenis, ukuran, dan bentuk yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dimana supplier mesin pabrik sawit yang profesional sudah tentu menyediakan beberapa varian sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved