Serba-Serbi Mesin Boiler Pabrik Kelapa Sawit Di Indonesia

Serba-Serbi Mesin Boiler Pabrik Kelapa Sawit Di Indonesia

Banyaknya keberadaan pabrik sawit di Indonesia memang perlu ditunjang dengan keberadaan mesin produksi berkualitas. Keberadaan mesin boiler pabrik kelapa sawit di Indonesia bahkan perlu diperhatikan karena termasuk salah satu mesin yang menunjang proses produksi. Apalagi kelapa sawit menjadi salah satu komoditas unggulan di Indonesia. Yuk simak informasinya disini.

Informasi Terkait Mesin Boiler Untuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS)

1. Boiler Pabrik Kelapa Sawit Di Indonesia

Salah satu tujuan penggunaan mesin boiler pada PKS adalah meningkatkan hasil produksi yang berkualitas. Lazimnya, mesin boiler termasuk salah satu alat yang berfungsi dalam menarik minyak yang terkandung dalam buah kelapa sawit. Dengan demikian, penggunaan mesin boiler dalam PKS dapat menghasilkan produksi minyak sawit berkualitas.

Penggunaan mesin boiler bahkan dapat memberikan nilai lebih dalam pengolahan buah kelapa sawit. Disini, mesin boiler dilengkapi dengan penggunaan beberapa komponen tertentu dalam sekaligus dan membutuhkan bahan bakar biomassa untuk menghasilkan energi listrik.

2. Cara Kerja Boiler Pabrik Minyak Sawit

Jika dijabarkan, cara kerja mesin boiler memiliki perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan jenis mesin lainnya. Mesin boiler yang memiliki peran untuk memisahkan air dan minyak dalam buah kelapa sawit membutuhkan proses yang lebih rumit dengan rangkaian tertentu.

Mesin boiler pabrik kelapa sawit di Indonesia ini bahkan perlu memasuki proses pretreatment dalam air condensate untuk dipompakan ke dalam economizer. Selanjutnya, berikan beberapa zat kimia tertentu sesuai kebutuhan agar proses pemisahan minyak sawit dapat dilakukan dengan sempurna.

3. Perawatan Boiler Di Pabrik Kelapa Sawit

Tentu saja, perawatan mesin boiler di PKS juga perlu dilakukan dengan baik agar tidak menghambat proses produksi. Anda bahkan perlu memperhatikan setiap detail komponen dengan baik untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan. Jangan lupa letakkan mesin boiler pada lokasi yang tepat agar tidak mudah rusak karena situasi dan kondisi.

Kemudian, lakukan perawatan sebelum dan sesudah menggunakan mesin ini. Misalnya saja memeriksa rotor yang bertugas untuk menggerakkan mesin, membersihkan saringan atau strainer, dinding batu hingga kerak sisa pembakaran. Dengan melakukan beberapa proses tersebut, mesin boiler yang anda miliki dapat bertahan lama dan membantu dalam proses produksi.

4. Service Rutin Boiler Di Pabrik Kelapa Sawit

Begitu pula, service rutin terhadap penggunaan mesin boiler perlu dilakukan dengan baik karena melakukan perawatan saja tidak cukup. Anda bahkan sangat disarankan untuk mengandalkan tim dan teknisi yang andal dalam melakukan service secara berkala. Misalnya saja melakukan service dalam kurun waktu harian, mingguan hingga tahunan.

5. Sparepart Boiler Di Pabrik Kelapa Sawit

Guna menghasilkan proses produksi berkualitas, setiap PKS biasanya sudah menyediakan mesin boiler yang andal agar bisa bertahan lama. Meski demikian, beberapa komponen terkadang ada yang aus setelah dilakukan secara berkali-kali dalam jangka waktu tertentu. kerusakan pada salah satu komponen pun bisa terjadi kapan saja tanpa rencana.

Mengetahui kondisi tersebut, tak ayal jika anda sebaiknya menyediakan sparepart boiler di pabrik kelapa sawit agar tidak ada risiko yang dapat menghambat produksi. Anda bahkan wajib melakukan pergantian apabila melihat salah satu komponen yang hampir mengalami kerusakan agar tidak berdampak pada komponen lainnya. Contohnya komponen tube air, header uap, cerobong dan lainnya.

Boiler sebagai salah satu mesin penting dalam PKS memang perlu diperhatikan dengan baik. Dimana anda perlu mengetahui penggunaan, komponen hingga perawatannya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa sediakan tim ahli untuk melakukan perawatan dan service sehingga mesin ini dapat digunakan dalam jangka panjang. 

 

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved