Perhitungan Kebutuhan Listrik Di Pabrik Kelapa Sawit

Perhitungan Kebutuhan Listrik Di Pabrik Kelapa Sawit

Kelapa sawit sebagai salah satu komoditas unggulan perlu diolah setiap saat guna memenuhi permintaan pasar. Dimana proses pengolahan pabrik kelapa sawit (PKS) menggunakan alat dan mesin tertentu sehingga membutuhkan listrik yang cukup banyak, khususnya penggunaan turbin uap. Yuk kenali perhitungan kebutuhan listrik di pabrik kelapa sawit sebagai berikut.

Jabaran Perhitungan Kebutuhan Listrik Pada Pabrik Kelapa Sawit (PKS)

1. Menghitung Kebutuhan Listrik Di Pabrik Kelapa Sawit

Kebutuhan listrik dalam proses produksi kelapa sawit menjadi hal penting yang wajib diperhatikan. Terlebih lagi, proses produksi tersebut membutuhkan mesin dan alat produksi yang menggunakan listrik agar dapat digunakan sebagaimana fungsi dan tujuannya. Menghitung kebutuhan listrik di pabrik kelapa sawit bahkan wajib dilakukan agar kebutuhan tersebut bisa dipenuhi.

Tentu saja, kebutuhan listrik di pabrik kelapa sawit memiliki jumlah yang berbeda. Dimana kebutuhan ini sangat ditentukan oleh penggunaan jenis alat produksi dan kapasitas produksi yang diperlukan. Meski demikian, setiap PKS yang sudah melakukan perhitungan ini rata-rata memiliki kisaran 17-19 kWh/ton TBS.

2. Perhitungan Power Listrik Pabrik Kelapa Sawit

Tidak cukup hanya melakukan perhitungan kebutuhan listrik, perhitungan power listrik di PKS juga perlu diperhitungkan. Meski demikian, setiap perusahaan kelapa sawit biasanya memiliki jenis parameter yang berbeda untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas perusahaan pengolah buah kelapa sawit.

Perhitungan power listrik pabrik kelapa sawit bahkan belum bisa dilakukan secara serentak dan pasti karena berbagai parameter yang digunakan kembali pada setiap PKS itu sendiri. Tentunya, perusahaan kelapa sawit yang membutuhkan kapasitas mesin besar untuk mengolah buah kelapa sawit dalam jumlah besar memiliki nilai power listrik yang lebih besar pula.

3. Kapasitas Turbin Uap Shinko Di Pabrik Sawit

Dari berbagai jenis mesin alat yang digunakan dalam pabrik sawit, turbin uap menjadi salah satu alat yang diperhatikan. Dimana penggunaan turbin uap ini biasanya akan menghasilkan tekanan uap sebesar 710 mmHg dengan output maksimum sebesar 10.000 kW. Meski demikian, anda disarankan untuk memilih turbin uap Shinko dengan sistem lubrikasi 3 katup pipa kontrol.

Pemilihan jenis turbin uap tersebut bahkan dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Apalagi mesin turbin uap Shinko jenis ini juga dilengkapi gland seal dan sistem labyrinth packing. Dengan demikian, PKS yang mengandalkan mesin ini dapat menghasilkan produksi minyak sawit berkualitas dalam jumlah cukup banyak.

4. Alternator Turbin Uap Shinko Di Pabrik Kelapa Sawit

Selanjutnya, alternator turbin uap Shinko juga perlu menjadi perhatian karena termasuk salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dalam sistem produksi kelapa sawit. Komponen alternator sebagai pelengkap dalam proses produksi bahkan sangat membantu untuk menghasilkan jumlah produksi yang banyak dan berkualitas.

5. Reparasi Dan Perbaikan Turbin Uap Di Pabrik Kelapa Sawit

Selain itu, perhatikan juga reparasi dan perbaikan turbin uap di PKS karena dapat mempengaruhi jumlah perhitungan kebutuhan listrik yang digunakan. Dimana proses pemeliharaan yang tidak diperhatikan dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan listrik. Hal ini bahkan bisa berdampak pada masalah kerusakan lainnya hingga menghambat proses produksi kelapa sawit.

Menghitung kebutuhan listrik di pabrik kelapa sawit tidak mudah dilakukan. Hal ini karena setiap PKS memiliki jumlah kebutuhan listrik yang berbeda berdasarkan jenis mesin alat produksi dan kapasitas alat sesuai kebutuhan. Namun, anda bisa menghitung kapasitas turbin uap, alternator dan proses reparasi atau perbaikan agar tidak ada peningkatan kebutuhan yang menambah biaya.

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved