Mengenal Potensi Bisnis Kelapa Sawit! Industri, Perkebunan, Hingga Pabrik Dan Biodiesel!

Mengenal Potensi Bisnis Kelapa Sawit! Industri, Perkebunan, Hingga Pabrik Dan Biodiesel!

Kekayaan SDA (Sumber Daya Alam) Indonesia sebenarnya menjadi sebuah peluang bisnis yang seakan tidak pernah ada titik habisnya. Apalagi untuk bisnis agraris dan perkebunan dengan titik sustainabilitas yang tinggi, seperti Kelapa Sawit. Logika bisnis dan industrinya pun cukup luas. Namun seperti apa dan bagaimana prospek tersebut? Simak ulasan berikut.

Kelapa Sawit

Pertama yang perlu dipahami adalah sumber daya tersebut. Produk ini sebenarnya masuk dalam pasar komoditas Indonesia di sektor minyak nabati. Meski banyak produk serupa, tapi sawit punya manfaat yang lebih besar dan potensi bisnis lainnya. Disebutkan pemanfaatan tersebut bisa termasuk dalam bidang pangan dan energi. Jadi prospek industri dan bisnis pun tidak terbatas.

Industri Kelapa Sawit

Dari prospek yang baik, maka potensi industri sawit pun cukup luas dan menarik. Turunan bisnisnya cukup kompleks dan punya nilai ekonomi bisnis yang tinggi. Hal ini tak lepas dari peran bisnis yang akan selalu memiliki tempat di kebutuhan pasar dunia. Bahkan, Indonesia pun punya peran besar dalam menjadi pemasok produk sawit secara global.

Satu hal yang pasti, bisnis dengan potensi besar juga diikuti dengan modal yang tidak sedikit. Dalam rantai industrinya, produk ini butuh asupan investasi yang tidak sedikit. Ada juga level skill dan pengalaman dalam teknologi produksi serta pemrosesan yang tinggi pula. Jadi investor industri atau bisnis ini cenderung masih tersegmentasi pada nama besar di Indonesia.

Meski demikian, komoditas bisnis ini cukup menggiurkan. Produk turunan hingga cakupan usaha pun cukup luas. Seperti perkebunan yang dapat terus diolah untuk hasil terbarukan. Produk biodiesel atau energi yang bisa menjadi solusi kebutuhan bahan bakar terbarukan. Hingga pabrik produk turunan baru seperti kosmetik hingga produk pangan.

Perkebunan Kelapa Sawit

Dengan nilai komoditas yang tinggi dan andil yang besar untuk ekonomi Indonesia, muncul peraturan baru tahun 2020 bernama Indonesia Sustainable Palm Oil atau ISPO. ISPO ini adalah sertifikasi yang wajib dimiliki oleh seluruh tipe usaha Sawit, terutama perkebunan. Hal ini juga dikaitkan dengan tujuan peremajaan dan replanting kebun sawit di tahun 2021. 

Dalam hal perkebunan, sistem bisnis sawit bisa masuk dalam level industri biomass. Yang mana proses industrinya pun butuh mesin atau teknologi yang memadai. Mulai dari mesin tanaman, input tambahan, hingga pengolahan yang baik. Belum lagi, tanaman ini bersifat tahunan. Sehingga panen terbatas, namun hasil turunan sawit sendiri cukup beragam untuk diolah kembali.

Biodiesel Sawit

Salah satu produk turunan dari sawit adalah biodiesel. Yang mana merupakan mono alkil ester asam lemak, sebuah bahan yang diturunkan dari minyak nabati. Sawit dapat menjadi sumber nabati yang baik karena menjadi bahan baku yang punya produktivitas tinggi. Minyak sawit ini bisa menjadi solusi energi terbarukan sesuai standar bahan bakar mesin yang lebih ekonomis dan berkelanjutan.

Pabrik Kelapa Sawit

Berangkat dari perkebunan, sawit dapat menghasilkan tandan buah segar sepanjang tahun untuk diolah pabrik secara langsung menjadi CPO atau crude palm oil. CPO bisa diolah di pabrik refinery menjadi produk minyak goreng hingga stearin. Produk pabrik pun dapat terus dikembangkan menjadi tingkat yang lebih kompleks, seperti bahan pangan margarin, coffee whitener, pengisi susu, dan lain lain.

Jika diambil garis merahnya, sebenarnya bisnis yang satu ini adalah suatu komoditas yang besar di Indonesia. Dan memang benar adanya. Ada banyak industri, bisnis, hingga turunan produk dari komodtias yang sama. Bahkan potensi tersebut masih bisa dikelola menjadi inovasi yang lebih baik dalam hal produk akhir atau prosesnya. Jadi, menjadi bisnis yang cukup menggiurkan.

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved