Kebutuhan Sistem Transmisi untuk Pabrik Kelapa Sawit, Ada Chain Sampai Sprocket!

Kebutuhan Sistem Transmisi untuk Pabrik Kelapa Sawit, Ada Chain Sampai Sprocket!

Memiliki banyak mesin untuk melakukan pengolahan kelapa sawit, PKS membutuhkan sistem transmisi yang memadai. Fungsi transmisi ini adalah untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan, sehingga menciptakan momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan. Dalam sistem transmisi, berikut beberapa komponen yang diperlukan.

Rantai untuk Pabrik Kelapa Sawit

Di Pabrik Kelapa Sawit, rantai mempunyai peranan yang penting. Sebab rantai tersebut digunakan pada berbagai mesin, yang dimanfaatkan untuk pengolahan buah kelapa sawit. Contohnya FSCM palm oil chain, yang merupakan rantai conveyor. Rantai ini sangat umum digunakan di pabrik pengolahan sawit.

Adapun karakter dari rantai untuk pabrik kelapa sawit yaitu harus mempunyai kekuatan tensile strength yang baik, aman dan efisien terhadap proses produksi, serta tahan terhadap gesekan. Secara umum, rantai yang digunakan pada PKS terdiri dari dua jenis, yaitu hollow pin dan solid pin. Untuk hollow pin diperlukan tambahan baut dalam pengikatan scrapper atau bucket.

Power Transmisi untuk Pabrik Sawit

Power transmisi atau pemindah daya merupakan proses memindahkan tenaga dan putaran dari poros satu ke poros lain, dengan bantuan adanya alat yang sesuai kebutuhan. Misalnya alat bantu yang digunakan yaitu roda gigi, rantai, kopling, dan sabuk. Dengan proses pemindahan daya yang berjalan lancar, maka putaran mesin dalam mengolah kelapa sawit pun akan berjalan dengan lancar pula.

Sprocket untuk Pabrik Kelapa Sawit

Seperti yang telah disebutkan, power transmisi membutuhkan bantuan dari beberapa alat agar berjalan dengan lancar. Adapun alat yang dimaksud ini salah satunya yaitu roda gigi, alias sprocket. Kebutuhan akan sprocket harus ditentukan sejak awal pengolahan. Tujuannya yaitu untuk mencapai efektivitas produksi, sekaligus memaksimalkan kapasitas beban yang nantinya diberikan pada alat.

Sebab perlu diketahui bahwa ukuran sprocket untuk pabrik kelapa sawit cukup bervariasi. Anda perlu menyesuaikannya terhadap mesin yang ada di PKS. Selain itu, umumnya sprocket akan berpasangan dengan rantai. Jadi ukuran keduanya harus disesuaikan satu sama lain dengan kebutuhan yang ada.

Transmission Chain untuk Pabrik Kelapa Sawit

Transmission chain adalah jenis rantai besi yang umumnya digunakan pada mesin otomotif. Transmisi chain-sprocket dipakai untuk mentransmisikan tenaga pada jarak sedang. Rantai tersebut digunakan pada sistem transmisi daya, yang mana jarak porosnya jauh lebih besar ketimbang transmisi roda gigi.

Transmission chain ini disebut pula dengan istilah roller chain, jenis penggerak rantai yang paling umum digunakan untuk transmisi tenaga mekanik. Rantai tersebut dipakai untuk menggerakkan gardan tanpa selip dengan efisiensi tinggi. Adapun efisiensinya bisa mencapai 98% jika sesuai kebutuhan.

Chain untuk Pabrik Kelapa Sawit

Ada banyak macam chain untuk pabrik kelapa sawit. Masing masing didesain agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri kelapa sawit, yang berada pada lingkungan kerja yang keras. Contohnya palm oil chain, conveyor chain dirancang dengan material yang berkualitas tinggi dan diintegrasikan terhadap ukuran yang berbeda beda sesuai kebutuhan.

Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh conveyor chain untuk PKS di antaranya yaitu tahan terhadap perubahan yang besar dan bebas kejutket, tahan terhadap kontaminasi, mudah dilumasi, dan mampu menjaga produk tetap steril meskipun berada dalam lingkungan yang panas dan lembap.

Intinya, sistem transmisi dengan segala komponennya merupakan bagian penting dari pabrik kelapa sawit. Keberadaannya membuat stasiun stasiun di PKS dapat berjalan dengan baik. Namun tentunya anda perlu memilih komponen dengan type dan ukuran yang tepat sesuai kebutuhan. Dengan begitu, penerapannya pun dapat mencapai efisiensi seperti yang diharapkan.

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved