Intip Cara Kerja Hingga Fungsi Dari Nut Polishing Drum

Intip Cara Kerja Hingga Fungsi Dari Nut Polishing Drum

Mesin yang digunakan pada pabrik kelapa sawit memiliki cara kerja hingga fungsinya masing-masing. Pada stasiun kernel, setiap mesin memiliki tujuan sama yaitu pemisahan fibre dengan nut sawit. 

Mesin pada stasiun kernel seperti nut polishing drum ataupun nut grading drum, merupakan sebuah mesin yang memiliki peran penting sebelum pengolahan inti sawit atau nut menjadi minyak. Nut yang bagus akan menghasilkan kadar minyak yang cukup tinggi, begitu juga sebaliknya.

Fungsi Nut Polishing Drum

Polishing drum merupakan mesin untuk membersihkan fibre atau sabut sawit pada nut. Sisa-sisa serabut ini dihisap menggunakan fan fibre cyclone. Nut polishing drum terbuat dari baja dengan ketebalan minimal yaitu 8 mm dengan conveyor pendek pada bagian bawahnya.

Pada conveyornya yang selebar tiang pemisah ini sangat cocok digunakan sebagai pendorong pada biji yang berjatuhan pada perputaran drum. Pada dasarnya nut polishing drum ini bergerak secara memutar dengan tumpuan rel drum yang memiliki bentuk horizontal.

Grading Buah Sawit

Nut grading drum merupakan salah satu mesin sawit yang membantu dalam membedakan ukuran pada nut. Cara kerja nut grading ini yaitu dengan perputaran pada drum, semakin cepat perputarannya maka juga akan semakin besar kesempatan tiap nut yang lolos dari lubang.

Lubang ini dibuat dengan tiga fraksi yaitu fraksi kecil sekitar 15 mm, fraksi sedang dengan ukuran sekitar 15 sampai 25 mm, dan fraksi besar yang berukuran lebih dari 25 mm. Pada mesin ini kecepatan putarnya sekitar 15 rpm, dengan kapasitas mencapai 8 ton biji per jam.

Nut Kelapa Sawit

Nut polishing dan nut grading drum merupakan mesin yang membantu nut untuk lebih bersih dan terhindar dari partikel yang masih menempel. Nut kelapa sawit membutuhkan mesin ini agar dapat mengekstraksi minyak yang berkualitas.

Tapi jangan sampai salah, nut polishing digunakan sebagai pembersihan pada serabut atau kotoran lainnya yang masih menempel pada nut. Sedangkan nut grading lebih berfokus pada nut yang sudah bersih dan diseleksi berdasarkan ukurannya.

Nut Sawit

Nut grading drum yang sudah memisahkan nut sawit ini akan diteruskan pada proses pengolahan di nut cracker dan ripple mill. Mesin ini membuat nut sawit dapat ditempatkan pada wadah dengan ukuran yang berbeda.

Sebelum digunakan semudah ini, mesin nut grading perlu setting mesin dengan memperkirakan besaran lubang dengan nut sawit. Pada proses ini menggunakan alat yang disebut sebagai histogram nut yang dapat menganalisa setiap perputaran pada mesin tersebut.

Grading Buah Kelapa Sawit

Pada saat grading buah kelapa sawit, terjadi juga pemisahan cangkang kasar dengan kernel atau nut sawit. Pada tahap ini nut akan menuju LTDS II, yang kemudian kernel dikirim menuju kernel silo melalui kernel transport fan.

Umumnya setiap pabrik sawit memiliki variasi pada ukuran nut yang berbeda-beda. pada ukurannya bergantung dengan jenis tanaman sawit yang digunakan. Variasi pada nut ini dapat dipengaruhi dari berbagai unsur yang ada di lapangan.

Jurnal Grading Buah Kelapa Sawit

Pada lubang nut grading drum memiliki tiga fraksi, tapi dengan ukuran yang berbeda-beda. perbedaan ukuran ini tergantung pada retention time pada saat proses pemisahan. Semakin lama nut sawit berada di dalam drum maka kesempatan biji yang lolos akan semakin tinggi.

Ukuran nut juga tergantung pada perbandingan pada setiap kolomnya. Perbandingan ini seperti pada fraksi kecil yang lebih panjang dibandingkan dengan fraksi yang lebih besar. Perbandingan ini berkaitan pada volume umpan biji yang dapat lolos pada setiap fraksi kecil dan besar.

Pabrik kelapa sawit merupakan sebuah industri besar yang ada di Indonesia, dan lahan perkebunan sawit ini telah dijadikan sebagai sebuah perkebunan komersial. Setiap pengolahannya harus berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Sehingga proses pengolahan harus benar-benar diperhatikan.

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved