Intip Beberapa Stasiun yang Ada di PKS, Decanter Termasuk Stasiun Klarifikasi?

Intip Beberapa Stasiun yang Ada di PKS, Decanter Termasuk Stasiun Klarifikasi?

Pabrik kelapa sawit memiliki sistem pengolahan yang terdiri dari berbagai stasiun. Setiap stasiun bertugas untuk memperoleh minyak sawit dengan kualitas tinggi. Proses yang dilakukan sangat rumit dan membutuhkan mesin-mesin yang juga memiliki kualitas sangat baik.

Tingkat efektivitas dan efisiensi dari pengolahan kelapa sawit juga sangat dipengaruhi dari mesin-mesin yang ada pada setiap stasiun. Pada stasiun klarifikasi, membutuhkan mesin decanter dengan komponen yang mendukung untuk mendapatkan kualitas minyak yang bagus. Simak pembahasan lebih lanjut terkait stasiun yang ada di pabrik sawit di bawah ini.

Stasiun Klarifikasi PKS

Stasiun klarifikasi merupakan tempat pemurnian minyak atau crude palm oil (CPO) yang masih mengandung air, minyak, maupun lumpur. Pada stasiun ini terdapat beberapa tahapan seperti sand trap tank atau tangki pemisah pasir atau material lainnya yang ada dalam CPO.

Kemudian ada vibrating screen yang dapat menyaring serabut (fiber) yang ada pada CPO. Continuous settling tank yang berfungsi untuk memisahkan minyak, air, dan kotoran lainnya dengan teknik gravitasi. Oil tank dan oil purifier yang berfungsi untuk mengolah dan mengurangi kadar air hingga pada vacuum dryer dan sludge tank.

Fungsi Decanter Pada Pabrik Kelapa Sawit

Decanter merupakan salah satu mesin di stasiun klarifikasi yang memiliki fungsi sebagai pemurnian minyak dengan memisahkan lumpur, air, maupun padatan lainnya. Pada mesin decanter terbagi menjadi 3 phase, mulai dari light phase (oil phase), heavy phase (water phase), dan solid (limbah padat).

Light phase adalah cairan yang memiliki kandungan minyak sangat tinggi, sehingga perlu untuk diolah kembali pada continuous settling tank (CST). Heavy phase (water phase) adalah fase cairan berupa air dengan sedikit kandungannya pada minyak. Solid adalah padatan yang memiliki kadar maksimum sebesar 3%.

Stasiun Pabrik Kelapa Sawit

Proses pengolahan kelapa sawit memiliki tahapan atau proses secara terstruktur dengan peran pentingnya masing-masing. 13 tahapan yang menjadi kunci dari produksi minyak kelapa sawit secara berkualitas ini mulai dari pemilihan bahan baku, stasiun timbangan, stasiun sortasi, stasiun sterilizer, stasiun press, dan stasiun klarifikasi.

Selain itu juga ada stasiun pengumpul janjangan kosong, stasiun storage tank, stasiun kernel, stasiun water treatment, stasiun pembangkit tenaga, stasiun ketel uap, dan stasiun air limbah. Keseluruhan stasiun ini secara berurutan memproses kelapa sawit sampai menjadi minyak berkualitas tinggi.

Stasiun Sterilizer Pabrik Kelapa Sawit

Stasiun sterilizer pada pabrik kelapa sawit memiliki tujuan utama untuk mengurangi kandungan asam lemak bebas (FFA), kemudian juga membantu pemisahan buah selama pemecahan, menurunkan kadar air dalam buah kelapa, dan memperlembut nut agar bisa lebih mudah dalam pemisahan dari cangkang.

Sterilizer harus bekerja dengan baik agar tidak mengganggu proses ekstraksi minyak. Seperti pada sterilisasi horizontal, uap yang dimasukkan berfungsi untuk menjaga proses pemanasan agar tetap seimbang.

Stasiun Press Pabrik Kelapa Sawit

Stasiun press memiliki tahapan mulai dari digester hingga screw press. Pada digester kelapa dilumatkan hingga daging dapat terpisahkan. Pada digester dapat mempermudah pengepresan minyak pada mesin screw press.

Sedangkan pada screw press sebagai jantung dari produksi  minyak kelapa sawit, yang mana berfungsi untuk memeras kelapa hingga menghasilkan minyak kasar. Kecepatan screw press dapat disesuaikan berdasarkan kapasitas tandan buah segar yang akan di press agar lebih maksimal.

Pada dasarnya setiap stasiun sangat penting dalam proses pengolahan hingga menghasilkan minyak yang berkualitas. Minyak yang jernih dihasilkan dari pengolahan yang bagus, dengan setiap komponen mesin tetap terjaga melalui perawatan yang rutin. Pastikan mesin pabrik sawitmu lebih berkualitas!

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved