Harus Teliti, Ini Tips Memilih Sparepart Pabrik Sawit di Mesuji dan Sekitarnya!

Harus Teliti, Ini Tips Memilih Sparepart Pabrik Sawit di Mesuji dan Sekitarnya!

Buat para perintis usaha maupun pelaku bisnis kelapa sawit, perlu tahu lebih dalam tentang proses penanaman, panen, hingga pengolahan kelapa sawit. Khusus proses pengolahan, pabrik sawit biasanya punya beberapa mesin produksi yang punya banyak sparepart. Nah, karena proses produksi banyak bergantung pada mesin-mesin itu, maka penting untuk bisa memilih sparepart pabrik sawit di Mesuji yang tepat.

Jenis Sparepart yang Digunakan Mesin-Mesin di Pabrik Sawit

1. Sparepart Habis Pakai (Consumable Parts)

Sparepart yang satu ini biasanya akan selalu punya stok di pabrik sawit. Mengapa begitu? Karena yang termasuk jenis ini adalah sparepart yang akan bisa rusak atau habis karena proses produksi. Entah itu karena efek gesekan, suhu panas, atau proses lainnya. Untuk itu, bisa dikatakan sparepart yang sekali pakai habis.

Karena bisa saja rusak atau habis sewaktu-waktu, alangkah baiknya jika sparepart jenis ini selalu di stok. Karena keberadaan sparepart pada mesin-mesin pabrik sawit sangat krusial. Bisa saja proses produksi terhambat akibat mesin produksi yang mogok karena kurangnya satu sparepart. Apalagi jika proses produksinya dilakukan secara terus-menerus setiap hari. Maka perlu untuk mengecek kondisi mesin beserta sparepartnya secara berkala.

2. Sparepart Pengganti (Replacement Parts)

Sparepart pengganti sedikit berbeda dengan sparepart habis pakai. Jika jenis yang habis pakai bisa rusak atau habis sewaktu-waktu, maka sparepart pengganti ini punya jangka waktu yang bisa diperkirakan. Biasanya, para teknisi mesin dan sparepart pabrik sawit di Mesuji akan membuat jadwal tertentu, misalnya setelah sekian ribu jam produksi mesin akan diganti sparepartnya. Jangka waktu tersebut dinamakan overhaul.

Nah, overhaul untuk setiap mesin pun bisa saja berbeda-beda. Penggantian sparepartnya juga bisa berbeda. Maka dari itu, sparepart pengganti semacam ini biasanya tidak di stok, karena ada waktu yang bisa ditandai kapan dibutuhkannya. Tapi penting juga untuk tetap memperhatikan serta mengecek secara rutin kondisi sparepart apapun jenisnya.

3. Sparepart Jaminan (Insurable Parts)

Yang terakhir, ada jenis sparepart jaminan. Sparepart jenis ini adalah yang punya daya tahan lebih lama, biasanya punya ukuran besar dengan fungsi krusial. Harganya pun juga cenderung lebih mahal. Karena itu, sparepart jenis ini biasanya dibeli saat pabrik baru beroperasional atau ketika ada rangkaian mesin baru. Sehingga tidak ada stok sparepartnya.

Untuk itu, ketika sparepart pabrik sawit di Mesuji ini rusak atau berkurang fungsinya, biasanya akan butuh waktu untuk menggantinya. Selain karena fungsinya yang krusial, sparepart jaminan semacam ini juga mungkin butuh teknisi khusus untuk menggantinya. Dari semua jenis sparepart mesin di pabrik sawit, punya fungsi dan peran yang berbeda-beda. Namun, semuanya bertujuan satu untuk mempermudah proses produksi.

Memilih Sparepart Mesin di Pabrik Pengolahan Sawit yang Tepat

Karena proses produksi massal di pabrik pengolahan kelapa sawit, maka kualitas mesin dan sparepartnya harus diperhatikan. Selain harus yang sudah berstandar nasional dan internasional, mesin dan sparepart harus di cek secara berkala untuk memastikan kinerja serta kondisinya. Apabila ada yang mengalami kerusakan, sebaiknya langsung diganti agar tidak menghambat proses produksi nantinya.

Memilih mana sparepart yang tepat juga menjadi hal yang penting. Terlebih, kini banyak sekali supplier sparepart pabrik sawit di Mesuji yang terpercaya. Mereka menawarkan sparepart dengan kualitas terbaiknya. Nah, perlu untuk tahu tentang jenis sparepart, material yang bisa bertahan lama, fungsinya, serta kisaran harga yang tepat.

Itulah mengapa, perlu tahu seluk beluk tentang mesin dan sparepartnya di pabrik sawit. Walaupun sudah ada teknisi, setidaknya sebagai orang yang bergelut di industri ini, harus tahu sedikit demi sedikit tentang sparepart ini. Menimbang juga kalau sparepart sangat mempengaruhi kinerja mesin pabrik. Yang nantinya akan berpengaruh pada proses serta hasil produksi minyak kelapa sawit.

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved