Harga Minyak Inti Kelapa Sawit

Harga Minyak Inti Kelapa Sawit

Selama perjalanan industri sawit, harga minyak inti kelapa sawit atau CPO terus mengalami perubahan. Dimana Indonesia termasuk salah satu penghasil kelapa sawit yang aktif melakukan ekspor ke luar negeri. Sehingga kelapa sawit memang menjadi salah satu komoditi unggulan dari dalam negeri. Sayangnya beberapa waktu belakangan harga minyak inti tersebut menjadi semakin mahal.

Mengintip Harga Minyak Kelapa Sawit Terbaru

1. Harga Minyak Inti Kelapa Sawit

Minyak inti kelapa sawit merupakan minyak nabati yang berasal dari lapisan inti buah tersebut. Warna dari minyak ini adalah kuning dan mempunyai asam lemak yang mirip seperti minyak kelapa. Sepanjang tahun 2021, harga PKO ini naik hampir 36,3% bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dan sepanjang sejarah perjalanan industri sawit, sekarang harga PKO sudah mencetak rekor tertinggi yaitu Rp. 15.000 per kilogram. Diketahui bahwa kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh kekurangan produksi di negara produsen akibat dari terjadinya pandemi covid-19, gangguan cuaca, dampak spekulasi commodity super cycle, dan solidnya pergerakan harga minyak mentah dan minyak nabati.

2. Pabrik Palm Kernel Oil

Meskipun produksi minyak inti sawit atau palm kernel oil memang sedang menurun akibat dari pandemi, namun melihat bahwa kelapa sawit merupakan komoditi ekspor unggulan yang menunjang pertumbuhan ekonomi. Pabrik palm kernel oil yang ada di Indonesia termasuk cukup banyak.

Pada pabrik kelapa sawit sendiri, normalnya palm kernel oil yang dapat dihasilkan yaitu sekitar 10 sampai 13 persen dari total produksi. Adapun daerah yang paling banyak menyimpan pabrik palm kernel oil antara lain Provinsi Riau, Sumatera Utara, dan Kalimantan Barat.

3. Palm Kernel Expeller Adalah

Di pabrik kelapa sawit, tidak hanya palm kernel oil saja yang diproduksi dan dihasilkan. Namun ada juga proses yang dilalui untuk menghasilkan palm kernel expeller. Dimana palm kernel expeller yaitu biomassa palm yang asalnya dari produk samping dari biji sawit. Dan palm kernel expeller tersebut sudah melalui tahap ekstraksi minyak, yang diperoleh dari pemisahan biji sawit.

4. Pengolahan Inti Sawit

Supaya bisa menghasilkan palm kernel oil hingga palm kernel expeller, maka pengolahan inti sawit harus dilakukan dengan menggunakan mesin khusus seperti kernel crushing plant yang umum digunakan di pabrik sawit. Untuk melakukan pengolahan tersebut maka bagian biji sawit harus disiapkan terlebih dahulu dan dibersihkan guna mengurangi kadar airnya, sehingga pemecahan biji menjadi lebih mudah.

5. Proses Pengolahan Minyak Inti Sawit

Proses pengolahan minyak inti sawit yang dilakukan di pabrik kelapa sawit, guna menghasilkan palm kernel oil, lazimnya terdiri atas beberapa langkah. Yang pertama yaitu mengupas dan mengambil biji dari dalam sawit. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan biji supaya pemecahannya bisa dilakukan lebih mudah.

Setelah itu biji sawit yang sudah bersih akan dimasukkan ke dalam mesin screw press untuk mengurangi kadar air pada inti sawit yang memang terkenal cukup tinggi. Baru kemudian inti sawit dimasukkan dalam ripple mill agar bisa dipecah, lalu dilanjutkan dengan proses press. Melalui proses press, pabrik akan mendapatkan biji sawit dan fiber yang nantinya akan dipisahkan dari satu sama lain.

6. Kernel Crushing Plant Adalah

Kernel crushing plant atau KCP adalah mesin yang umum digunakan di pabrik kelapa sawit untuk memproses inti sawit. Dalam tahapannya, terdapat dua pressing yang digunakan yaitu first press dan juga second press. Perlu dipahami bahwa unit KCP membutuhkan listrik dengan daya yang tetap selama operasinya. Selain itu lebih baik jika KCP ditempatkan dekat PKS penyuplai kernel.

Jadi pabrik kelapa sawit memang tidak hanya memproduksi CPO (crude palm oil) saja, tapi ada juga produk turunan seperti palm kernel oil atau minyak inti kelapa sawit yang mempunyai harga jual. Sehingga mesin kernel crushing plant perlu dihadirkan dari supplier berkualitas untuk mendapatkan produk minyak inti sawit tersebut.

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved