Cara Menghitung Kapasitas Sand Cyclone di Pabrik Sawit Agar Operasional Lancar

Cara Menghitung Kapasitas Sand Cyclone di Pabrik Sawit Agar Operasional Lancar

Prosedur pengolahan TBS (tandan buah segar) menjadi CPO (crude palm oil) dan kernel di pabrik kelapa sawit, melibatkan penggunaan berbagai mesin. Adapun salah satunya yaitu sand cyclone, alat yang digunakan untuk mengurangi kandungan pasir dalam sludge palm oil. Supaya proses ini berjalan lancar, yuk ketahui cara menghitung kapasitas sand cyclone yang tepat.

Menghitung Kapasitas Sand Cyclone di Pabrik Kelapa Sawit

1. Panduan Menghitung Kapasitas Sand Cyclone

Pabrik kelapa sawit mempunyai skala produksi yang berbeda beda, sehingga kapasitas mesin yang digunakan pun tidak selalu sama antara pabrik satu dengan lainnya. Pun dengan mesin sand cyclone, mungkin di PKS A menggunakan kapasitas tertentu yang berbeda dari kapasitas mesin sand cyclone di PKS B.

Dimana umumnya kapasitas alat yang digunakan untuk pengolahan sawit adalah beberapa ton. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa kapasitas suatu alat yang digunakan lebih besar dari itu. Untuk sand cyclone, beberapa mesin paling banyak ditemukan dengan kapasitas sekitar 3 ton/jam. Pastikan perbedaan tekanan inflow dan outflow sludge sebesar 2 bar jika ingin alat tersebut berfungsi dengan baik.

2. Cara Merawat Sand Cyclone di PKS

Cara menghitung kapasitas sand cyclone dapat dilihat dari skala produksi masing masing PKS, lantas bagaimana dengan perawatannya ? Sebab umumnya setiap mesin produksi di pabrik membutuhkan perawatan agar bisa bekerja secara optimal. Termasuk pula sand cyclone yang bekerja mereduksi pasir dalam sludge.

Apabila sand cyclone bermasalah, tentunya pasir tidak akan bisa terdorong ke bawah dan terpisah dari sludge dengan baik. Itulah kenapa dibutuhkan pembersihan dan perawatan berkala guna menjaga performanya. Untuk pembersihan bisa langsung dilihat pada buku manual, sementara perawatan lainnya akan lebih baik diberikan pada teknisi ahli di bidangnya.

3. Spare Part Mesin Sand Cyclone

Sama halnya seperti mesin di pabrik sawit lainnya, sand cyclone juga terdiri atas beberapa spare part. Tentu anda perlu mengetahuinya selain cara menghitung kapasitas sand cyclone. Beberapa komponen yang ada pada mesin tersebut antara lain top cylinder, ceramic cone, festo pneumatic actuator, gasket, ball valve, dan solenoid valve.

4. Service Sand Cyclone Pabrik Sawit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perawatan sand cyclone di pabrik sawit sebaiknya diberikan kepada tenaga ahli agar ketika ada kerusakan dapat diidentifikasi dengan cepat dan tepat. Karena tenaga yang berpengalaman di bidangnya tentu bisa mengetahui lebih baik permasalahan pada mesin serta mengatasinya langsung dari akar permasalahan tersebut.

5. Mengganti VORTEX dan Cone Sand Cyclone di Pabrik Sawit

Jika digunakan dalam waktu lama, tentu perlahan namun pasti suatu alat akan mengalami penurunan performa pada beberapa komponennya. Itu karena spare part akan aus seiring berjalannya waktu penggunaan. Tidak hanya itu saja, namun beban kerja yang terlampau besar dari kapasitas biasanya dapat membuat mesin rusak sehingga komponennya perlu diganti.

Itulah kenapa cara menghitung kapasitas sand cyclone perlu diketahui agar anda tidak menggunakannya secara berlebihan di atas kemampuan mesin. Pergantian VORTEX dan cone pada sand cyclone sendiri bisa dilakukan dengan membelinya dari vendor di Indonesia. Karena beberapa perusahaan dalam negeri pun sudah menyediakan VORTEX dan cone sand untuk kebutuhan industri sawit.

Sama seperti mesin lainnya di pabrik kelapa sawit, sand cyclone yang berfungsi untuk memisahkan pasir dari sludge juga punya peranan penting. Sehingga kapasitas mesin, spare part, perawatan, hingga pergantian komponen mesin perlu anda perhatikan dengan baik. Apalagi saat ini mesin tersebut bisa langsung dihadirkan melalui vendor dari Indonesia, sehingga tidak perlu lagi memesan dari luar negeri.

 

 

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved