6 mesin pabrik kelapa sawit kalimantan- anda wajib tahu

6 mesin pabrik kelapa sawit kalimantan- anda wajib tahu !

Sebagai komoditas ekonomi di Kalimantan, tidak heran jika produksi kelapa sawit digalakkan dari banyak aspek. Termasuk dengan pengembangan pabrik dengan mesin berkualitas agar produksi lebih maksimal. Namun apa saja mesin pabrik yang dibutuhkan? Ternyata ada setidaknya enam mesin dasar.

Mesin Pabrik Sawit Di Paser

Mesin yang pertama adalah alat pengangkut tandan buah segar, atau dikenal dengan fruit cages. Komponen PKS (pabrik kelapa sawit) ini berbentuk layaknya lori yang akan memindahkan TBS dari loading ramp menuju mesin sterilizer. Mesin sterilizer pun menjadi salah satu mesin penting, yang biasanya memiliki fungsi untuk perebusan atau masak.

Pada umumnya, sebelum TBS masuk ke dalam pabrik akan ditimbang menggunakan weight bridge. Timbangan besar ini pun bisa digunakan untuk banyak bahan, seperti TBS, CPO (crude palm oil), PKO (Palm Kernel oil), bungkil, kernel, dan cangkang fiber yang keluar dari pabrik. Jadi Timbangan ini merupakan komponen kedua sebelum pemrosesan TBS.

Mesin Pabrik Sawit Di Berau

Mesin sterilizer adalah mesin pabrik kelapa sawit Kalimantan yang juga sangat penting. Fungsinya adalah menghentikan aktivitas enzim lipase yang menyebabkan asam lemak bebas di dalam kelapa sawit. Proses perebusan pada sterilizer ini juga digunakan untuk melunakkan daging buah, memudahkan pemisahan brondolan, dan pelumatan.

Mesin Pabrik Sawit Di Samarinda

Dari mesin sterilizer ini, akan dilanjut pada mesin tippler untuk mengeluarkan bahan dari lori panas. Di proses tersebut juga akan digunakan thresher, mesin yang memutar TBS untuk memisahkan brondolan. Mesin threshing adalah salah satu alat penting yang tidak hanya memutar dan membanting, namun juga mengarahkan tandan buah menuju ujung drum dan ke screw press.

Screw press adalah mesin penting selanjutnya, yang wajib ada di PKS. Seperti namanya, mesin ini digunakan untuk melumat buah dan memeras atau mengekstrak minyaknya. Tapi biasanya, sebelum masuk ke mesin pabrik kelapa (screw press), bahan akan dilumat dan dihancurkan menggunakan digester.

Mesin Pabrik Sawit Di Balikpapan

Kemudian masuk ke mesin screw press yang digunakan untuk mengekstraksi minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO). Ekstraksi ini juga melepaskan brondolan dari janjangan. Proses ini dianggap sangat penting karena bertujuan untuk mengekstrak minyak sawit.

Minyak yang keluar dari Screw Press bukanlah produk akhir. Yang berarti, minyak ini masih belum bersih, masih bercampur dengan kotoran, dan massa jenis. Di proses selanjutnya, akan digunakan mesin penting untuk PKS bernama continous settling tank. Di mesin ini minyak akan diproses lebih jauh melalui beberapa tahap.

Yang pertama adalah melalui vibro separator untuk memisahkan serabut halus. Kemudian CPO pun akan diolah dan dipisahkan berdasar berat jenisnya. Dalam artian lain, hasil minyak masih belum 100% murni. Dari situlah, mesin yang digunakan selanjutnya adalah Oil purifier dan sludge centrifuge. Proses tersebut akan menentukan kemurnian dan kualitas minyak. 

Mesin Pabrik Sawit Di Bontang

Mesin pabrik kelapa sawit Kalimantan terakhir yang wajib ada adalah mesin pengolah ampas. Tujuannya adalah menggunakan bagian sawit yang tidak digunakan, seperti ampas biji dan serabut menjadi bahan bakar alternatif. Proses pengolahan ampas ini juga menggunakan alat seperti cake breaker, nut cracker, nut polishing drum, dan depericarper.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda kenali jika berbicara soal pabrik kelapa sawit. Kesannya memang mudah, namun harga mesin tersebut tidak murah. Selain itu, banyak sekali proses dan juga perawatan yang harus dilakukan agar kualitas minyak semakin meningkat! Pertimbangkan dengan baik, kenali mesin, cari informasi, dan rintis usaha ini dengan kepala tegak!

 

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved