5 Fakta Menarik Penggunaan Bakteri Dalam Pengolahan Kolam Limbah Pabrik Sawit

5 Fakta Menarik Penggunaan Bakteri Dalam Pengolahan Kolam Limbah Pabrik Sawit

Salah satu hal penting yang harus dipikirkan dalam industri adalah sistem pembuangan limbahnya. Sistem pembuangan limbah pabrik kelapa sawit contohnya. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Teknik penggunaan bakteri dalam kolam limbah pabrik sawit yang penting untuk dipahami.

Jual Bakteri Aerob dan Anaerob Untuk Kolam Limbah Pabrik Sawit 

Namun, kemampuan bakteri untuk menangani limbah di alam terbatas. Semakin banyak bahan organik dalam air limbah, semakin keras bakteri dalam bekerja yang menyebabkan air menjadi tercemar. Oleh karena itu, Grey water harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan.

Bahan organik dalam air gelap digambarkan dengan Chemical Oxygen Demand (COD) yang nilainya berkisar antara 100-700 mg/L.

Untuk menangani limbah dengan kadar COD <1000 mg/L, bakteri yang tepat adalah bakteri aerob yaitu bakteri yang membutuhkan oksigen.

Sedangkan limbah dengan kandungan COD > 1000 mg/L bakteri yang dapat dimanfaatkan adalah bakteri anaerob (tidak memerlukan oksigen).

Baik bakteri Anaerob dan Aerob, keduanya memiliki kemampuan pengurai yang baik satu dengan yang lain. Keduanya dibedakan berdasarkan cara hidup mereka terhadap suplai oksigen. Bakteri Aerob merupakan microba yang tak bisa hidup tanpa Oksigen atau O2.

Bagi bakteri Aerob, kelangsungan hidup mereka tergantung pada oksigen. O2 dimanfaatkan sebagai proses berkembang biakan, pertumbuhan dan kelangsungan hidup salah satu jenis bakteri pengurai ini untuk mendapat suplai oksigen cukup.

Sementara bakteri Anaerob merupakan mikroba yang dapat hidup meski di lingkungan sekitar tidak terkandung oksigen. Dengan kata lain, jenis bakteri ini pada dasarnya bisa hidup tanpa udara di sekitar.

Bakteri aerobik hidup dalam koloni untuk membentuk flok berenang bersama di air dan kolam limbah. Bakteri juga suka menempel pada media untuk membentuk biofilm. Biofilm membuat bakteri lebih tahan terhadap gangguan eksternal. Selain itu, koloni dapat membentuk nutrisi sendiri, karena bakteri mati dapat melengkapi bakteri hidup.

Bagaimana bakteri aerobik menghancurkan bahan organik dalam air gelap?

Bakteri melepaskan katalis yang larut dalam bahan organik yang tidak larut sehingga mudah dihancurkan. Setelah larut, bahan organik akan diserap ke dalam tubuh bakteri. Reaksi dalam tubuh bakteri adalah:

Oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri aerob diperoleh dari udara. Namun pada sistem pengolahan limbah, oksigen dapat disuplai oleh aerator sehingga konsentrasi oksigen dapat dipertahankan pada 2 mg/L sehingga bakteri dapat berfungsi dengan baik.

Bahkan jika tubuhnya kecil, di bawah kondisi lingkungan yang tepat, koloni bakteri aerobik ini dapat mengurangi bahan organik dalam air gelap lebih dari 90%, Anda tahu, sehingga air kita menjadi bersih kembali.

Jual Bakteri Penghancur Lumpur dan Scum Diatas Kolam Limbah PKS 

Saat ini sungai, kali, danau, waduk dan lain-lain banyak terdapat kandungan lumpurnya. Yang seharusnya merupakan air yang telah berubah menjadi lumpur. Bakteri Bakteri Probiotik Pengurai Limbah Penghancur Lumpur ini bisa menghancurkan lumpur dan mengembalikan menjadi air seperti semula.

Khusus untuk kali di Jakarta kita perlu untuk mengangkat lumpur dengan mesin pengeruk tanah (Exvactor) untuk membuang lumpur.

Dengan Bakteri Probiotik Pengurai Limbah Penghancur Lumpur lebih hemat daripada harus meyewa mesin pengeruk tanah (Exvactor)

Sedang di trail di waduk cirata hasilnya bagus dan sesuai harapan.

Jual Bakteri yang Khusus Untuk Melunakkan Endapan di Dasar Kolam Limbah Pabrik Kelapa Sawit 

Cairan bakteri yang berfungsi untuk melarutkan lumpur hasil pengendapan limbah buangan rumah tangga, perkantoran, rumah sakit, hingga industri.

MANFAAT:

 - Menguraikan bahan organik tinggi pada air buangan.

 - Menguraikan detergen pada air buangan.

 - Menghilangkan bau dan memperbaiki warna air buangan.

 - Menguraikan H2S, NH3, PO4 dan NO2 pada buangan air dan lumpur.

 - Menguraikan zat warna.

 - Menurunkan nilai COD dan BOD pada air buangan.

 - Menurunkan kandungan lumpur pada air buangan.

 - Meningkatkan dominasi populasi bakteri yang menguntungkan.

 

PETUNJUK PEMAKAIAN:

1. Kocoklah terlebih dahulu dan berikan BIO SULFA pada bak aerasi dengan kriteria sebagi berikut:

 - Air buangan Rumah Sakit: 1 Lt/hari untuk air buangan sebanyak 60-80 m/hari.

 - Air buangan Industri: 1 Lt/hari untuk air buangan sebanyak 50-60 m/hari.

2. Campurkan 1 Lt BIO SULFA dengan 10 Lt air bersih dengan ember plastik akan lebih baik tambahkan oksigen dengan aerator selama 24 jam untuk mencapai kestabilan dan peningkatan jumlah bakteri.

3. Pemberian ke dalam IPAL dapat dilakukan dengan kultur, titrasi atau tebar langsung.

 

 

 

Jual Bakteri Kolam Pengasaman Pabrik Sawit Pengurai Lapisan Minyak 

Membersihkan Pencemaran Minyak amat sulit. Paling tidak karena menunggu mikroorganisme di laut untuk mengurainya pada kecepatan alami terlalu lama. Tapi bagaimana kalau bakteria bisa bekerja cepat? Inilah sasaran riset Eropa dalam proyek yang dikoordinasi Yunani.

"Target utama proyek riset kami adalah menemukan teknologi baru, untuk meningkatkan bio-degradasi alami yang dimiliki mikroba laut. Kami mencapai target itu, dengan rangkaian langkah yang memberikan mikroba semua hal yang diperlukan, agar memakan minyak lebih cepat", papar Nicolas Kalogerakis, Profesor teknik biokimia di Technical University of Crete:

Di Laboratorium para peneliti membuat simulasi kebocoran minyak, untuk mengujicoba metoda baru. Mula-mula disemprotkan dari minyak nabati yang mudah terurai, untuk mengurangi tegangan permukaan air. Dengan itu minyak dan air bercampur.

Roger Marchant, ahli bioteknologi mikrobial dari University of Ulster menjelaskan: "Menyemprot minyak dengan surfaktan ini, tidak menyebabkan minyak lenyap. Yang dilakukan adalah memecah minyak jadi tetesan lebih kecil. Dan ini bisa diserang oleh mikroorganisme di lingkungan untuk mengurai minyak sepenuhnya."

Rekayasa bakteri alamiah

Bakteri pemakan minyak tidak perlu diciptakan, karena biasanya muncul di laut dimanapun ada kebocoran minyak. Tapi para ilmuwan ingin membantu bakteri ini tumbuh dan bereproduksi lebih cepat.

"Caranya, kami mengambil sampel air yang tercemar dari laut dan di laboratorium membudidayakan bakteri dari air itu. Jika kami sudah menumbuhkan biomassa besar bakteri pemakan minyak, kami semprotkan kembali ke cemaran minyak. Dengan itu kami mempercepat proses alami dari pembersihan diri laut", papar pakar mikrobiologi laut Michail Yakimov

Untuk merangsang rasa lapar bakteri pada minyak, para peneliti menambahkan fosfor dan nitrogen ke dalam campuran. Mereka menemukan partikel cerdas baru, yang melepas nutrisi dengan tepat jika diperlukan di laut yang tercemar.

Pakar mikrobiologi lingkungan  Philippe Corvini menjelaskan: "Jika bakteri berada di laut, ada kebutuhan nutrisi, misalnya fosfor and nitrogen." Rekannya pakar bioklimia Patrick Shahgaldian menambahkan: "Jadi kami menyuplai nutrisinya langsung ke bakteri, agar bisa mengurai minyak lebih efisien lagi."

Bakteri memakan minyak, plankton makan bakterinya, dan dengan begitu rantai makanan di laut berlanjut. Cara alami membersihkan bocoran minyak ini, dalam waktu dekat akan digunakan dalam skala besar untuk membantu menangani bencana lingkungan.

Jual Bakteri Penghilang Bau di Akhir Pembuangan Kolam Limbah Pabrik Kelapa Sawit 

BIOSRIMS TOILETTO adalah teknologi pengurai limbah organik. Bakteri dalam BIOSRIMS secara aktif dan simultan membelah diri memenuhi keseluruhan luasan septictank sehingga limbah & tinja terurai dengan baik. Komposisi produk terdiri dari bakteri utama yaitu Lactobacillus sp., Pseudomonas sp., dan Cytopaga sp. serta bakteri pengurai lainnya yang efektif segera menghilangkan bau tidak sedap dan menguraikan limbah biologis secara aktif.

 

Kandungan BIOSRIMS TOILETTO sebagai berikut :

Mikroba probiotik dengan strain khusus

1. Lactobacillus : memecah glukosa, asam amino,

2. Sacharomyces : mempercepat pembusukan

3. Bacilus : mengendalikan kuman

4. Mikroba Selulolitik : bakteri pengurai

 

Keunggulan dan Manfaat :

1. Mengurai limbah organik

2. Mencegah pencemaran bakteri pada sumber air

3. Penguraian tinja secara optimal oleh bakteri sehingga zat hara mudah meresap ke dalam tanah

4. Meminimalisir bakteri patogen (E. Coli & Salmonella sp.) oleh bakteri di dalam BIOSRIMS

5. Menekan pertumbuhan zat amoniak

 

CARA PEMAKAIAN :

1. Untuk Bau Sampah atau Bangkai, semprotkan dengan menggunakan sprayer larutan 1 tutup botol dengan 1 Liter air. Bau hilang seketika, daging dan tulang akan hancur kecuali bulu/rambut.

2. Untuk Bau Kandang atau Kotoran Hewan (Kencing/Tinja), semprotkan dengan menggunakan sprayer larutan 1 tutup botol dengan 1 Liter air.

3. Untuk Kloset Bau/Mampet, tuangkan 400ml ke dalam kloset. Siram setelah 6-8 jam. Lakukan 1 bulan sekali agar kebersihan terjaga.

4. Untuk Tempat Cuci Dapur & Wastafel, tuangkan 3 tutup botol siram dengan air. Lakukan 1 bulan sekali di malam hari agar bakteri bekerja optimal.

5. Untuk Saluran Air dan Got, tuangkan 400 ml siram dengan air di malam hari agar bakteri bekerja optimal.

 

Itulah beberapa Langkah yang bisa dilakukan untuk membantu mengurai limbah di pabrik kelapa sawit. Selain Langkah pembersihan langsung, Langkah pembersihan dengan menggunakan bakteri ini akan lebih efektif untuk mengurai limbah dengan cara yang hemat biaya. Tidak hanya pabrik pengolahan kelapa sawit namun jenis pabrik lainnya.

Share this Post

About Us

Established since 1993, we are going to become the leading distributor for quality material handling and Palm Oil Mill Equipment. All these years, we have been dedicated to solving the problems of our industries supported by our highly skilled sales engineers and trained customer service representatives providing technical assistance to our customers, our company will always strive to be friendly, helpful, knowledgeable, and efficient. Back by reputable ISO principals from overseas. We have maintained the highest level of knowledge on all of our products.

Contact Us

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO

Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 Fax : +62 61 8469790
sales.medan@kharisma-sawit.com 
sparepart.medan@kharisma-sawit.com

Medan – Head Office

Jakarta – Representative

Copyright © 2021 PT. Kharismapratama Abadisejatindo- All Rights Reserved